Sabtu, 24 Desember 2011

Kelompok Islam Semakin Kuat di Parlemen


Hidayatullah.com--Hasil penghitungan suara pemilu parlemen Mesir tahap kedua semakin menguatkan kemenangan kelompok Islam yang diraih oleh Partai Kebebasan dan Keadilan bentukan Al-Ikhwan Al-Muslimun dan Partai Nur bentukan Salafi. Dengan demikian, mayoritas anggota parlemen telah dikuasai oleh kelompok Islam, lansir Islammemo.

Menurut laporan surat kabar Mesir, Partai Kebebasan dan Keadilan telah memenangkan 40 kursi individu di parlemen, sedangkan Partai Nur telah memperoleh 14 kursi, dari jumlah seluruhnya 60 kursi individu di pemilu tahap kedua ini.

Pemilu parlemen tahap kedua yang seluruhnya memperebutkan 120 kursi parlemen, telah dimenangkan oleh Partai Kebebasan dan Keadilan dengan 40% suara. Sedangkan Partai Nur memperoleh 35% suara. Dengan demikian partai kelompok Islamis berhasil meraih 75% suara.

Sebelumnya pada pemilu tahap pertama lalu, Partai Kebebasan dan Keadilan memperoleh 48% suara, dan Partai Nur memperoleh 20% suara dari kursi parlemen.

Kedua partai ini juga berharap akan memperoleh suara yang banyak lagi di pemilu tahap ketiga nanti, dan akan menguasai mayoritas kursi di parlemen.
Rep: Ahmad Sadzali
Red: Dija

Tidak ada komentar: