Kamis, 16 Juni 2011

Erdogan Serahkan Pengunduran Diri ke Presiden Ghul


Written By Admin BeDa on Rabu, 15 Juni 2011 | 07:00
Erdogan Serahkan Pengunduran Diri ke Presiden Ghul - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyerahkan pengunduran diri pemerintahannya kepada Presiden Abdullah Ghul, Selasa (14/6). Ghul menerima pengunduran diri itu di Istana kepresidenan.

"Presiden Ghul menerima pengunduran diri kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri Erdogan hari ini," kata Cankaya, Kantor Kepresiden, setelah pertemuan antara Erdogan dan Ghul di Istana Presiden itu.

Pengunduran diri ini menyusul hasil pemilu Ahad lalu (12/6). Pengunduran diri merupakan bagian dari proses politik yang sudah lazim di Turki. Usai pemilu, pemerintah dan kepala pemerintahan langsung menyatakan domisioner, dan menyerahkan kekuasaan kepada Presiden. Kemudian, Presiden akan memerintahkan membentuk pemerintahan baru kepada pemimpin partai yang memenangkan pemilu.

Partai Keadilan dan Pembangunan atau AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi) memenangi pemilu Turki 2011 (12/6) dengan 49,85 persen dan menjadikannya memperoleh 326 550 kursi di parlemen. Dengan demikian, setelah pengunduran diri ini Erdogan akan membentuk pemerintahan baru hasil pemilu 2011 sebagai kabinet ke-61 Turki. [AN/bsb]
http://muchlisin.blogspot.com/2011/06/erdogan-serahkan-pengunduran-diri-ke.html

Tidak ada komentar: