Selasa, 28 Juni 2011

"Bertarung" Demokratis, Ikhwan Lebih Unggul Dari Liberalis


Written By Admin BeDa on Kamis, 23 Juni 2011 | 13:00
Jika berhadapan secara fair, Ikhwanul Muslimin lebih mudah memenangkan "pertarungan" daripada kelompok liberalis. Majalah Time menilai bahwa Ikhwan lebih piawai dalam demokrasi dibanding kelompok liberal, demikian lansir alarabiya.net, Kamis (23/6).

Majalah Time baru-baru ini mengangkat tema masalah perseteruan antara kelompok Islam yang diwakili oleh Al Ikhwan Al Muslimun di Mesir dengan kelompok liberalis dalam perpolitikan. Kepiawaian Al Ikhwan dibanding kelompok liberal terbukti berhasilnya penggalangan melakukan voting untuk mengubah beberapa poin perundang-undangan pada bulan Maret lalu. Di mana saat itu kelompok liberal terpecah menjadi dua kelompok, yang pertama menyerahkan perubahan itu kepada pihak militer yang berkuasa sedangkan lainnya menginginkan perubahan dilakukan oleh panitia khusus di parlemen.

Namun ternyata, malah voting rakyatlah yang memutuskan perubahan, dimana 77% dari mereka menyetujui perubahan itu. Itu menjadi kemenangan besar Ikhwan dan kelompok Islam.

Kekalahan yang nempak dari kelompok liberal adalah penentangan mereka terhadap hasil voting tersebut. Bahkan mereka mengancam untuk turun ke lapangan Tharir kedua kalinya untuk menentang hasil itu. Mereka menyatakan bahwa hasil voting bulan Maret tidak ada nilainya sama sekali.

Berbeda dengan pihak liberal Ikhwan menghadapi pemilu mendaatang dengan tenang, dan mencoba melakukan koalisis dengan kelompok kiri dalam pemilu. Dan mereka berjanji untuk tidak “menculik” perbaikan undang-undang setelah pemilu.

Posisi ini menjadikan Ikhwan sebagai pihak yang paling banyak bertanggung jawab, dan ini akan menjadi daya tarik bagi para pemilih. [AN/Hdy]
http://muchlisin.blogspot.com

Tidak ada komentar: