Kamis, 03 Februari 2011

Kader PKS Mesir Bantu Evakuasi WNI Di Mesir

2/03/2011 08:05:00 PM | Posted by Faguza Abdullah



Islamedia - Partai Keadilan Sejahtera belum akan menarik kadernya yang masih berada di Mesir meskipun negara itu sedang bergolak. "Memang kami memiliki sekitar 2.500 kader di Mesir karena memang di negara tersebut PKS memiliki kantor setingkat dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) di Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Mata di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pihaknya tidak akan melakukan evakuasi secara mandiri atau mengevakuasi sendiri kader-kader PKS di Mesir karena mereka masih menjalin kontak dengan baik dan belum ada permintaan untuk dievakuasi. Ia mengatakan, sebagian besar kader PKS di Mesir adalah pelajar dan mahasiswa sehingga saat ini mereka juga menjadi relawan di Mesir terutama untuk membantu WNI yang ada di sana.

"Mereka berada dalam kondisi aman dan menjadi relawan untuk membantu WNI di sana agar dapat dipulangkan ke Indonesia, khusunya untuk WNI yang berusia lanjut, anak-anak dan perempuan," katanya. Anis juga mengatakan, kecil kemungkinan situasi di Mesir tersebut akan terjadi di Indonesia meskipun terjadi tren penurunan kepercayaan kepada pemerintah.

Ia mengatakan, keadaan di Mesir juga berbeda dengan di Indonesia karena di Mesir pemerintah berlaku terlalu represif sehingga memunculkan banyak kekerasan dan kekerasan yang terjadi di Mesir akibat kemiskinan dan kezaliman. "Jika kekerasan di Mesir itu semakin tinggi di mana perlawanan antara pendukung Husni Mubarak dan masyarakat semakin sering terjadi, akan semakin mempercepat kejatuhan Mubarak," katanya. [Rplk]

Tidak ada komentar: